Sabtu, 10 Maret 2012

GUI EVENT HANDLING



GUI EVENT HANDLING


PENGERTIAN

Event Handling merupakan konsep penanganan suatu action yang terjadi. Jadi suatu program akan berjalan saat sesuatu terjadi, misalnya saat tombol diklik, saat combo box dipilih dan sebagainya. Java memiliki beberapa jenis Event Handling, salah satunya adalah class ActionListener yang menangani aksi terhadap tombol.


KONSEP DASAR,PENERAPAN DAN CONTOH
Untuk memahami model, pertama-tama mari kita pelajari melalui tiga
komponen utamanya.
1. Event Source
   Event source mengacu pada komponen GUI yang meng-generate event.Sebagai contoh, jika user menekan tombol, event source dalam hal ini adalah tombol.
2. Event Listener/Handler
    Event  listener menerima berita dari event-event dan proses-proses interaksi user.  
  Ketika tombol ditekan, listener akan mengendalikan dengan menampilkan sebuah            informasi yang berguna untuk user.
3. Event Object
   Ketika sebuah event terjadi (misal, ketika user berinteraksi dengan komponen GUI),
sebuah object event diciptakan.Object berisi semua informasi yang perlu tentang event yang telah terjadi.Informasi meliputi tipe dari event yang telah terjadi, seperti ketika mouse telah di-klik. Ada beberapa class event untuk kategori yang berbeda dari user action. Sebuah event object mempunyai tipe data mengenai salah satu dari class ini.


Class - class Event





Contoh program :

import javax.swing.*;
import java.awt.event.*;
public class Main extends JFrame{
private JButton tombolKu = new JButton(“OK”),
tombol2 = new JButton(“Cancel”);
private JLabel labelKu = new JLabel(” << ANDA TELAH MEMILIH OK >> “),
label2 = new JLabel(” << ANDA TELAH MEMILIH CANCEL >> “);
private JPanel panelKu = new JPanel();
Main() {
super(“Membuat Tombol”);
panelKu.setLayout(null);
setSize(450, 140);
setDefaultCloseOperation(EXIT_ON_CLOSE);
labelKu.setBounds(110,20,450,25);
label2.setBounds(94,20,450,25);
labelKu.setVisible(false);
label2.setVisible(false);
tombolKu.setBounds(90,70,100,25);
tombol2.setBounds(250,70,100,25);
tombol2.addActionListener(new ActionListener(){
public void actionPerformed (ActionEvent evn){
label2.setVisible(true);
tombolKu.setEnabled(false);
}
});
tombolKu.addActionListener(new ActionListener(){
public void actionPerformed (ActionEvent evn){
labelKu.setVisible(true);
tombol2.setEnabled(false);
}
});
panelKu.add(labelKu);
panelKu.add(tombolKu);
panelKu.add(tombol2);
panelKu.add(label2);
getContentPane().add(panelKu);
setVisible(true);
}
public static void main(String[] args) {
Main evenKu = new Main();
}
}

Sedikit penjelasan, pada program diatas saya menggunakan event Action dengan 2 kejadian, yaitu setEnabled(false) dan setVisible(true) saat menekan tombol OK atau cancel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar